Alumni PS. Matematika ULM

Berdasarkan hasil tracer study terhadap alumni disajikan pada Gambar 1 dan Gambar 2.

 

cc

Gambar 1. Rekapitulasi data hasil tracer study pada alumni

 

Berdasarkan tabel rekapitulasi data di atas diperoleh informasi bahwa mayoritas alumni memiliki masa tunggu kerja yang pendek (0 – 6 bulan) dan bidang kerja yang sesuai dengan bidang matematika. Tetapi para alumni masih kesulitan mengaplikasikan materi kuliah pada bidang kerja karena minimnya penguasaan saat belajar di bangku kuliah. Penggunaan teknologi informasi yang baik juga diperlukan agar kemampuan dan kualitas bekerja menjadi lebih baik. Hasil rekapitulasi data dari kuesioner terhadap stakeholder tampak pada Gambar 2.

 

ccc

Gambar 2. Rekapitulasi data kuesioner dengan stakeholder

 

Melalui Gambar 2 dapat ditunjukkan bahwa kebutuhan akan alumni S1 Matematika masih cukup tinggi, dengan tuntutan kemampuan soft skill yang baik. Selain itu para stakeholder juga mengharapkan alumni S1 Matematika memiliki tambahan kemampuan seperti logika berpikir, analisis situasi dan mental dan perilaku yang baik. Kegiatan magang di dunia kerja juga dianggap perlu dimasukkan sebagai bagian pembelajaran di perguruan tinggi.

 

PROSPEK KERJA ALUMNI S1 MATEMATIKA

Profil alumni utama yang ditetapkan bagi lulusan S1 Matematika adalah sebagai berikut:

  1. Konsultan dalam Aplikasi Model Matematika
  2. Pengajar dan peneliti bidang matematika
  3. Manajer Quality Control
  4. Pengelolaan Keuangan
  5. Wirausaha bidang matematika

Alumni prodi Matematika telah banyak diserap dalam lapangan pekerjaan baik sebagai karyawan maupun sebagai wirausaha. Pada bidang industri sebagian besar bekerja pada industri jasa pelayanan keuangan, antara lain: Bank Mandiri, BTPN, Perusahaan Asuransi Jiwasraya, Perusahaan Mandala Multi Finance dan lain-lain. Sedangkan pada instansi pemerintah, pada umumnya bekerja sebagai penera di Dinas Perindustrian, staf pengelola administrasi keuangan pada Kantor Pemerintah Daerah atau sebagai anggota tim pengolah data pada kantor Badan Pusat Statistik. Selain itu juga sebagai staf pengajar pada Sekolah Menengah dan Perguruan Tinggi.